cover
Contact Name
Ivan Putranto
Contact Email
ivanputranto@lkd-pm.com
Phone
+62 21 74771224
Journal Mail Official
jurnalmadani@lkd-pm.com
Editorial Address
Jalan Kiwi IV No. 7, Griya Pamulang Estate, Pamulang Timur, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Madani
ISSN : 26151995     EISSN : 26150654     DOI : 10.33753
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, adalah jurnal yang ditujukan untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Jurnal ini terbuka bagi masyarakat umum, yang ingin menerbitkan artikel-artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Keberadaan Jurnal ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi peningkatan kompetensi dosen dan juga sebagai alternatif bagi masyarakat umum dalam mempublikasikan hasil-hasil karyanya. Kami berharap Jurnal ini akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2: September 2021" : 6 Documents clear
Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Agresivitas Pajak Lilis Karlina
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 4 No 2: September 2021
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v4i2.158

Abstract

This study aims to empirically prove the effect of profitability, liquidity, leverage and intensity of fixed assets on tax aggressiveness (Empirical study on mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2012-2016). In this study there were a population of 46 mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2012-2016. The research method used in this study was quantitative. Through purposive sampling method, researchers obtained a sample of 12 companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2012-2016. The model in this study is panel regression using the Eviews 8 application. The data analysis technique in this study uses multiple linear analysis. The results of this study indicate that the profitability, liquidity and intensity of fixed assets have no significant effect on tax aggressiveness, while the leverage factor has a significant effect on tax aggressiveness. Profitability, liquidity, leverage and intensity of fixed assets together have a significant effect on tax aggressiveness. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage dan intensitas aset tetap terhadap agresivitas pajak (Studi empiris pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 46 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, yakni melalui metode purposive sampling dengan sampel 12 perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Model dalam penelitian ini yaitu regresi panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 8. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis linear berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor profitabilitas, likuiditas dan intensitas asset tetap berpengaruh tidak signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangkan faktor leverage mempengaruhi secara signifikan terhadap agresivitas pajak. Dengan demikian, profitabilitas, likuiditas, leverage dan intensitas asset tetap secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Intensitas, Agresivitas Pajak
Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) Terhadap Return on Equity Ratio (ROE) Pada PT Sampoerna Agro Tbk Periode 2010-2020 Hadijah Febriana; Intan Sari Budhiarjo
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 4 No 2: September 2021
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v4i2.168

Abstract

This study aims to determine the effect of Current Ratio (CR) and Debt to Asset Ratio (DAR) on Return on Equity (ROE) at PT. Sampoerna Agro Tbk for the period 2010-2020. The research method used is a quantitative method. The data needed in this research is secondary data obtained from the financial statements of PT. Sampoerna Agro Tbk for the period 2010-2020. The analytical method used in this research is quantitative analysis. Partially Current Ratio (CR) has no significant effect on Return on Equity (ROE) PT. Sampoerna Agro Tbk. This is evidenced by the tcount value of 2.008 <from the t table of 2.3060 with a significance value of 0.080> 0.05. Debt to Asset Ratio (DAR) has a significant negative effect on the Return on Equity (ROE) of PT. Sampoerna Agro Tbk. This is evidenced by the value of t count | -2,382 | > t table 2.3060 with a significance value of 0.044 <0.05. Simultaneously (F test) which has been analyzed, it can be seen that Current Ratio (CR) and Debt to Asset Ratio (DAR) simultaneously have a significant effect on Return on Equity (ROE) at PT. Sampoerna Agro Tbk. This is evidenced by the Fcount value of 18.227> from the Ftable of 4.46 (18.227> 4.46) with a significance value of 0.001 <0.05. This is also supported by the test results of the coefficient of determination (R2) of 82% while the remaining 18% is influenced by other variables not examined in this study. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Sampoerna Agro Tbk periode 2010-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Sampoerna Agro Tbk periode tahun 2010-2020. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) PT. Sampoerna Agro Tbk. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2,008 < dari ttabel sebesar 2,3060 dengan nilai signifikasi sebesar 0,080 > 0,05. Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh negatif signifikan terhadap Return on Equity (ROE) PT. Sampoerna Agro Tbk. Hal ini dibuktikan dengan nilai sebesar thitung |-2,382| > ttabel 2,3060 dengan nilai signifikansi sebesar 0,044 < 0,05. Secara simultan (Uji F) yang telah dianalisis maka dapat diketahui Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Sampoerna Agro Tbk. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 18,227 > dari Ftabel sebesar 4,46 (18,227 > 4,46) dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05. Hal ini juga didukung dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 82% sedangkan sisanya sebesar 18% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR) dan Return on Equity (ROE)
Analisis Investasi Saham Dengan Menggunakan Pendekatan PER Dan PBV Pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar di BEI Periode 2015 – 2019 Iriana Kusuma Dewi; Vidya Amalia Rismanty; Ading Sunarto
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 4 No 2: September 2021
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v4i2.169

Abstract

Financial statements show information about the state of a company that can be used as a source of information for decision making. The purpose of this study was to determine and analyze the effect of Price Earning Ratio (PER), and Price Book Value (PBV) on the outstanding stock prices of LQ45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2015-2019 period. The method used in this research is descriptive quantitative method. The population in this study are all LQ45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange, which are 45 companies. The sample used in this study were 28 companies in the 2015-2019 period. The results obtained from the calculation of the average PER are ADRO 0.11, AKRA 2.03, ASII 1.45, BBCA 8.74, BBNI 1.06, BBRI 0.79, BBTN 2.88, BMRI 2.01, GGRM 1.73, HMSP 3.77, ICBP 2.69, INDF 1.27, INTP 3.46, JSMR 2.00, KLBF 3.02, LPPF 1.72, MNCN 1.30, PGAS 22.96, PTBA 2.21, PTPP 1.46, SCMA 1.88, SMGR 2.31, SRIL 0.09, TLKM 1.36, UNTR 14.28, UNVR 4.75, WIKA 1.51, WSKT 1.47. Serta PBV yakni ADRO 1.1, AKRA 1.0, ASII 1.2, BBCA 1.6, BBNI 1.4, BBRI 1.5, BBTN 1.2, BMRI 2.6, GGRM 3.1, HMSP 1.1, ICBP 5.1, INDF 1.3, INTP 3.0, JSMR 2.1, KLBF 5.2, LPPF 4.6, MNCN 2.0, PGAS 1.7, PTBA 0.5, PTPP 0.2, SCMA 0.8, SMGR 2.1, SRIL 0.016, TLKM 0.2, UNTR 1.9, UNVR 0.6, WIKA 0.2, WSKT 0.1. and PBV are ADRO 1.1, AKRA 1.0, ASII 1.2, BBCA 1.6, BBNI 1.4, BBRI 1.5, BBTN 1.2, BMRI 2.6, GGRM 3.1, HMSP 1.1, ICBP 5.1, INDF 1.3, INTP 3.0, JSMR 2.1, KLBF 5.2, LPPF 4.6, MNCN 2.0, PGAS 1.7, PTBA 0.5, PTPP 0.2, SCMA 0.8, SMGR 2.1, SRIL 0.016, TLKM 0.2, UNTR 1.9, UNVR 0.6, WIKA 0.2, WSKT 0.1. The conclusion of this researches based on PER and PBV calculations, there are 11 companies that are in an undervalued position (shares are declared cheap and worth buying) namely AKRA, BBRI, HMSP, PTBA, PTPP, SCMA, SRIL, TLKM, UNVR, WIKA, and WSKT. While the rest for the calculation results of PER and PBV are in the undervalued and overvalued positions. Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Price Earning Ratio (PER), dan Price Book Value (PBV) terhadap harga saham beredar pada perusahaan-perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan-perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yakni sebanyak 45 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 perusahaan pada periode 2015-2019. Hasil yang diperoleh dari perhitungan rata-rata PER yakni ADRO 0.11, AKRA 2.03, ASII 1.45, BBCA 8.74, BBNI 1.06, BBRI 0.79, BBTN 2.88, BMRI 2.01, GGRM 1.73, HMSP 3.77, ICBP 2.69, INDF 1.27, INTP 3.46, JSMR 2.00, KLBF 3.02, LPPF 1.72, MNCN 1.30, PGAS 22.96, PTBA 2.21, PTPP 1.46, SCMA 1.88, SMGR 2.31, SRIL 0.09, TLKM 1.36, UNTR 14.28, UNVR 4.75, WIKA 1.51, WSKT 1.47. Serta PBV yakni ADRO 1.1, AKRA 1.0, ASII 1.2, BBCA 1.6, BBNI 1.4, BBRI 1.5, BBTN 1.2, BMRI 2.6, GGRM 3.1, HMSP 1.1, ICBP 5.1, INDF 1.3, INTP 3.0, JSMR 2.1, KLBF 5.2, LPPF 4.6, MNCN 2.0, PGAS 1.7, PTBA 0.5, PTPP 0.2, SCMA 0.8, SMGR 2.1, SRIL 0.016, TLKM 0.2, UNTR 1.9, UNVR 0.6, WIKA 0.2, WSKT 0.1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan perhitungan PER dan PBV terdapat 11 perusahaan yang berada pada posisi undervalued (saham dinyatakan murah dan layak untuk dibeli) yakni AKRA, BBRI, HMSP, PTBA, PTPP, SCMA, SRIL, TLKM, UNVR, WIKA, dan WSKT. Sedangkan sisanya untuk hasil perhitungan PER dan PBV ada yang berada pada posisi undervalued dan overvalued. Kata Kunci: Saham, Investasi, PER, PBV
Uang Elektronik: Praktik dan Substansi Dari Perspektif Keuangan Syariah (Studi Kasus: BCA Flazz & Go-Pay) Adi Martono; Yuddy Yudawirawan
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 4 No 2: September 2021
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v4i2.172

Abstract

The use of electronic money as a transaction tool in everyday life is a necessity, people use the money to pay for various needs such as buying goods in the marketplace, buying food online, KRL train tickets, paying toll tickets and others. On the other hand, the use of electronic money in society raises questions, especially for Muslims. Is electronic money as a medium of exchange in accordance with the Qur'an and As-Sunnah? Several Indonesian Muslim scholars who are concerned about the practice of Muamalah Maaliyah have given their thoughts and opinions on the use of electronic money. This paper is a step in answering this question. This paper will try to provide an explanation why the use of electronic money is not in accordance with the Qur'an and As-Sunnah. This research uses case study – qualitative research as research methodology. For this study, data were collected from documentation: Bank Indonesia regulations, the fatwa of the Sharia Council-Indonesian Ulema Council (DSN-MUI), fatwas of world scholars, instructions for the use of electronic money from banks/issuing companies, participant observations and observations, namely as users of electronic money who also use electronic money. Experienced as a banker in a state-owned bank. Using this method, this research will explore and explain how electronic money is managed and why some Muslims doubt this money. The conclusion of this study is that Bank Indonesia as the regulator and DSN-MUI issued a fatwa and this is in line with the fatwa issued by Majma' al-Fiqh al-Islami under the World Muslim League in its decision No. 86, 3/9 explains that “bank deposits, both in Islamic banks and conventional banks, from the fiqh point of view are debt, having different views on the concept and characteristics of electronic money used in Indonesia. The solution to this problem is that Bank Indonesia as a regulator needs to open space so that electronic money that is in accordance with sharia provisions can be realized so that the interests of the Muslim community are met. Abstrak Penggunaan uang elektronik sebagai alat transaksi dalam kehidupan sehari-hari adalah suatu keniscayaan, masyarakat menggunakan uang tersebut untuk membayar berbagai keperluan seperti membeli barang di marketplace, membeli makanan secara online, tiket kereta api KRL, membayar tiket tol dan lain-lain. Di sisi lain, penggunaan uang elektronik di masyarakat menimbulkan pertanyaan terutama bagi umat Islam. Apakah uang elektronik sebagai alat tukar sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah? Beberapa cendekiawan muslim Indonesia yang concern terhadap praktik Muamalah Maaliyah telah memberikan pemikiran dan pendapatnya tentang penggunaan uang elektronik. Tulisan ini merupakan langkah dalam menjawab pertanyaan tersebut. Tulisan ini akan mencoba memberikan penjelasan mengapa penggunaan uang elektronik tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Penelitian ini menggunakan studi kasus – penelitian kualitatif sebagai metodologi penelitian. Untuk penelitian ini data dikumpulkan dari dokumentasi: ketentuan Bank Indonesia, fatwa Dewan Syariah-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), fatwa ulama sedunia, instruksi penggunaan uang elektronik dari bank/perusahaan penerbit, observasi dan observasi partisipan yaitu sebagai pengguna uang elektronik yang juga berpengalamanan sebagai bankir di bank milik pemerintah. Dengan menggunakan metode ini, penelitian ini akan mengeksplorasi dan menjelaskan bagaimana uang elektronik dikelola dan mengapa sebagian umat Islam meragukan uang ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bank Indonesia selaku regulator dan DSN-MUI yang mengeluarkan fatwa dan ini sejalan dengan fatwa yang dikeluarkan oleh Majma’ al-Fiqh al-Islami di bawah Liga Muslim Dunia dalam keputusannya No. 86, 3/9 menerangkan bahwa “simpanan bank, baik di bank Islam maupun bank konvensional, dari sudut pandang fiqih merupakan hutang, memiliki pandangan yang berbeda mengenai konsep dan karakteristik uang elektronik yang digunakan di Indonesia. Solusi dari permasalahan ini adalah Bank Indonesia sebagai regulator perlu membuka ruang agar uang elektronik yang sesuai dengan ketentuan syariah dapat diwujudkan sehingga kepentingan masyarakat muslimin terpenuhi. Kata Kunci: Uang Elektronik, Bank, Penerbit Uang Elektronik, Riba
Faktor Pemasaran Dalam Pengelolaan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Citra Eliyani; Syamruddin Syamruddin; Ivan Putranto
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 4 No 2: September 2021
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v4i2.177

Abstract

This research aims to find out the development of UMKM in South Tangerang City, and to find out marketing factors in the management of UMKM in South Tangerang City during the Covid-19 pandemic. This research method is qualitative. The research was conducted on UMKM in South Tangerang City. Determination of informants as selected data sources using purposive sampling techniques. Data collection uses observation, interview and documentation techniques. The validity of data is obtained through credibility, transferability, dependability, and confirmatory. Qualitative data analysis: data reduction, data exposure, and conclusion withdrawal. The results showed that: 1) The number of UMKM in South Tangerang City in 2020 amounted to 90,128, with details: Pamulang District as many as 17,919, Ciputat District as many as 13,508, East Ciputat District as many as 12,838, Pondok Aren District as many as 17,944, Serpong District as many as 12,607, North Serpong District as many as 9,511, and Setu District as many as 5,801. UMKMs are divided into various types: accommodation, accessories, expeditions, electronics, pharmaceuticals, fashion, furniture, other services, hp counters, creative, culinary, automotive, care/ health, fisheries, agriculture, vegetables / fruit, grocery stores, and transportation. 2) Marketing carried out by UMKM in South Tangerang City during the Covid-19 pandemic is: in terms of products, in addition to new product offerings, innovations are also made to existing products so that they are more attractive to consumers; in terms of price, many UMKM managers make adjustments; in terms of promotion, in addition to the provision of discounts, promotions are done by word of mouth, networking the UMKM community as well as online; From the side of the place, from the side of the place, the sales system carried out during the Covid-19 Pandemic is more limited, UMKM managers use more means through the online system. Concluded that in the face of the Covid-19 pandemic, it is necessary to use appropriate marketing strategies, one of which is through online media. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan UMKM di Kota Tangerang Selatan, dan untuk mengetahui faktor pemasaran dalam pengelolaan UMKM di Kota Tangerang Selatan selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan. Penetapan informan sebagai sumber data yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmatory. Analisis data kualitatif: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Jumlah UMKM di Kota Tangerang Selatan pada tahun 2020 berjumlah 90.128, dengan rincian: Kecamatan Pamulang sebanyak 17.919, Kecamatan Ciputat sebanyak 13.508, Kecamatan Ciputat Timur sebanyak 12.838, Kecamatan Pondok Aren sebanyak 17.944, Kecamatan Serpong sebanyak 12.607, Kecamatan Serpong Utara sebanyak 9.511, dan Kecamatan Setu sebanyak 5.801. UMKM tersbut terbagi ke dalam berbagai jenis: akomodasi, aksesoris, ekspedisi, elektronik, farmasi, fashion, furniture, jasa lainnya, konter hp, kreatif, kuliner, otomotif, perawatan/kesehatan, perikanan, pertanian, sayuran/buah, toko sembako, dan transportasi. 2) Pemasaran yang dilakukan oleh UMKM di Kota Tangerang Selatan selama masa pandemi Covid-19 yaitu: dari sisi produk, selain penawaran produk baru, dilakukan pula inovasi terhadap produk yang sudah ada sehingga lebih menarik konsumen; dari sisi harga, banyak pengelola UMKM yang melakukan penyesuaian; dari sisi promosi, selain pemberian diskon, promosi dilakukan melalui mulut ke mulut, networking komunitas UMKM serta secara online; dari sisi tempat, dari sisi tempat, sistem penjualan yang dilakukan selama Pandemi Covid-19 lebih bersifat terbatas, pengelola UMKM lebih banyak menggunakan sarana melalui sistem online. Simpulan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini maka perlu digunakan strategi pemasaran yag tepat, salah satunya melalui media online. Kata Kunci: Covid-19, Pemasaran, Pengelolaan UMKM
Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Putra Abadi Jaya Mandiri Zackharia Rialmi; Selvi Sasmanita
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 4 No 2: September 2021
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33753/madani.v4i2.178

Abstract

This study was conducted to examine the effect of compensation and motivation on employee performance at PT Putra Abadi Jaya Mandiri. The research method used is a quantitative method with the use of primary and secondary data. The population and sample are 50 respondents, who are employees of PT Putra Abadi Jaya Mandiri. The result of this study is that compensation has an effect on increasing performance by 2.7%. Partial hypothesis test obtained t arithmetic > t tabel or (1.144> 2.011), this is reinforced by the significance of P value <Sig. 0.05 or 0.000 <0.05, so that H0 is accepted and H1 is rejected, meaning that there is no positive and partially significant effect between compensation and employee performance. Work motivation has a positive and significant effect on employee performance by 38.4%. Partial hypothesis test obtained t count > t tabel or (5,470>2,011), this is reinforced by the significance of P value <Sig. 0.05 or 0.000 <0.05, so H0 is rejected and H2 is accepted, meaning that there is a positive and partially significant influence between motivation on employee performance. Simultaneous hypothesis testing of communication and work motivation contributed 42.8%, while the remaining 57.2% was influenced by other factors. From the hypothesis test, it was obtained that F arithmetic > F tabel or (1,308 < 2,800), this was also strengthened by the significance (0.000 < 0.05). Thus H0 is accepted H3 is rejected. This means that there is no simultaneous positive and significant effect between compensation and motivation on employee performance at PT Putra Abadi Jaya Mandiri Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT Putra Abadi Jaya Mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penggunaan data primer dan sekunder. Populasi dan sampel adalah sebanyak 50 responden, yang merupakan karyawan PT Putra Abadi Jaya Mandiri. Hasil penelitian ini adalah kompensasi berpengaruh terhadap peningkatan kinerja sebesar 2,7%. Uji hipotesis parsial diperoleh t hitung > t tabel atau (1,144>2,011), hal ini diperkuat dengan signifikansi P value <Sig. 0,05 atau 0,000 < 0,05, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak artinya tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kompensasi dengan kinerja karyawan. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 38,4%. Uji hipotesis parsial diperoleh t hitung > t tabel atau (5,470>2,011), hal ini diperkuat dengan signifikansi P value <Sig. 0,05 atau 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara motivasi terhadap kinerja karyawan. Uji hipotesis simultan komunikasi dan motivasi kerja berkontribusi sebesar 42,8%, Sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (1,308<2,800), hal tersebut juga diperkuat dengan signifikansi (0,000<0,05). Dengan demikian H0 diterima H3 ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT Putra Abadi Jaya Mandiri. Kata Kunci: Kompensasi, Motivias Kerja,, Kinerja Karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 6